SMP Negeri 1 Tempeh : Mengawal Kemajuan Pendidikan di Kabupaten Lumajang serta Menciptakan Pribadi yang Unggul Dalam Prestasi, Berbudi Luhur, dan Berwawasan Lingkungan

Minggu, 17 Juni 2012

Olimpiade Sains Nasional (OSN) Guru 2012


Olimpiade Sains Nasional (OSN) Guru 2012 merupakan suatu ajang lomba bagi Bapak/Ibu guru SMP maupun SMA untuk saling berkompetisi dan bersaing menunjukkan bakat, kemampuan dan prestasi akademik yang dimiliki. OSN Guru sendiri baru dirintis pada tahun 2011 hanya untuk guru Matematika dan Fisika SMA. Untuk guru SMP, ini merupakan ajang lomba pertama yang diikuti.

Adapun bidang yang dilombakan dalam OSN Guru 2012 adalah
  1. Matematika untuk guru SMP
  2. Matematika untuk guru SMA
  3. IPA (Kekhususan Fisika) untuk guru SMP
  4. Fisika untuk guru SMA
  5. Kimia untuk Guru SMA


Kabupaten Lumajang pada ajang OSN Guru 2012 tingkat Provinsi Jawa Timur ini mendelegasikan 5 (lima) guru pilihan, antara lain:
  1. Alfiyah, M.Pd. (SMPN 1 Sukodono / Matematika)
  2. MUHAMMAD YOSIEF FU'ADI, S.Si. (SMPN 1 Tempeh / Fisika)
  3. Dra. Tri Handayani, M.Pd. (SMAN 2 Lumajang / Matematika)
  4. Nur Hadi, S.Pd. (SMAN 2 Lumajang / Fisika)
  5. Drs. Puguh Widada (SMAN 1 Lumajang / Kimia)
Persyaratan peserta OSN Guru 2012 tingkat provinsi
  1. Guru SMP dan guru SMA yang berstatus PNS atau bukan PNS dengan SK guru tetap yayasan (GTY)
  2. Mempunyai NUPTK
  3. Tidak sedang mendapat tugas tambahan sebagai Kepala Sekolah atau sedang dalam proses pengangkatan
  4. Memiliki masa kerja terus menerus sekurang-kurangnya 4 tahun
  5. Belum pernah meraih medali OSN-Guru
  6. Memiliki kualifikasi akademik minimal S1
  7. Meraih peringkat pertama / terbaik pada seleksi OSN Guru tingkat kabupaten / kota
Waktu Penyelenggaraan
  1. Tingkat Provinsi Jawa Timur tanggal 6 s.d. 7 Juni 2012 di Hotel Utami Sidoarjo
  2. Tingkat Nasional tanggal 2 s.d. 8 September 2012 di Jakarta
Cakupan Materi

1. Pedagogik

  • Pemahaman peserta didik secara mendalam: prinsip-prinsip perkembangan kognitif peserta didik, prinsip-prinsip kepribadian peserta didik, dan bekal ajar awal peserta didik.
  • Perancangan pembelajaran, termasuk pendalaman landasan pendidikan untuk kepentingan pembelajaran: landasan kependidikan, teori belajar dan pembelajaran, strategi pembelajaran berdasarkan karakteristik peserta didik, kompetensi yang ingin dicapai, dan materi ajar, serta rancangan pembelajaran berdasarkan strategi yang dipilih
  • Pelaksanaan pembelajaran: penataan latar (setting) pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran yang kondusif
  • Perancangan dan pelaksanaan evaluasi pembelajaran: evaluasi (assessment) proses dan hasil belajar secara berkesinambungan dengan berbagai metode, analisis hasil evaluasi proses dan hasil belajar untuk menentukan tingkat ketuntasan (mastery learning) dan pemanfaatan hasil penilaian pemanfaatan hasil penilaian pembelajaran untuk perbaikan kualitas program pembelajaran secara umum
  • Pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensinya: pengembangan berbagai potensi akademik dan non akademik peserta didik.
2. Profesional/Akademik (Matematika)
  • Bilangan: Sifat-sifat operasi hitung bilangan, sifat-sifat bilangan berpangkat dan bentuk akar, barisan dan deret bilangan serta penerapannya dalam pemecahan masalah.
  • Aljabar: Bentuk aljabar, relasi, fungsi, persamaan garis lurus, sistem persamaan dan pertidaksamaan linear, perbandingan, aritmetika sosial, konsep himpunan, operasi himpunan, diagram Venn serta penerapannya dalam pemecahan masalah.
3. Profesional/Akademik (IPA kekhususan Fisika)

  • Pengukuran : besaran , satuan, dimensi, dasar-dasar pengukuran, dan ketidakpastian.
  • Mekanika : benda titik, benda tegar, kekekalan energi, dan fluida.
  • Termodinamika : suhu dan kalor, gas ideal
  • Gelombang dan Optika : getaran, gelombang, bunyi, optika dan alat-alat optik.
  • Kelistrikan dan kemagnetan : elektrostatika, elektrodinamika, medan magnetik dan gaya gerak listrik induksi.

0 komentar:

Posting Komentar